9 Tempat Wisata di Jepang yang Anda Perlu Kunjungi

Tempat Wisata di Jepang yang patut dikunjungi

Banyak pengunjung yang pertama kali datang ke Jepang  terkejut mengetahui bahwa, sebagai salah satu negara industri paling maju di dunia, ternyata negara ini juga menawarkan sejarah yang kaya dan menarik yang telah ada sejak ribuan tahun lalu.

Jauh sebelum banyak kastil di Eropa dibangun, kuil Shinto dan Budha di Jepang sudah menarik para pengunjung untuk melihat desain dan dekorasi mereka yang khas. Banyak dari tradisi yang kaya masih dilestarikan untuk menghasirkan petualangan yang mengesankan.

Berikut ini  daftar tempat wisata di Jepang yang patut dikunjungi:

Gunung Fuji

Tanpa ragu lagi, tempat wisata di Jepang yang paling dikenal adalah Gunung Fuji (Fuji-san) yang juga merupakan puncak gunung tertinggi di negara itu. Menjulang 3.776 meter di atas laut lanskap ini cukup tinggi untuk bisa terlihat dari Tokyo dan telah berabad-abad menjadi tempat perayaan seni dan sastra yang diakui UNESCO pada tahun 2013.

Tempat Wisata di Jepang: Gunung Fuji
Gunung Fuji

Sebagai bagian dari Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu, Gunung Fuji telah dikunjungi oleh lebih dari satu juta orang. setiap musim panas untuk ziarah, dan spot untuk menyaksikan matahari terbit dari puncaknya.

Istana Kekaisaran dan Jembatan Nijubashi

Landmark paling terkenal di Tokyo adalah Istana Kekaisaran abad ke-17 yang indah dikelilingi oleh tembok dan parit. Wajib dikunjungi ketika mengunjungi ibu kota Negara ini. Hanya saja mayoritas lingkungan istana tertutup untuk umum karena masih digunakan oleh keluarga Kekaisaran.

Selain banyak pemandangan indah dari istana dan taman sekitarnya  ada juga jembatan Nijubashi yang terkenal, atau “jembatan ganda”, yang dinamai karena pantulan airnya – pengunjung diizinkan masuk ke Taman East Higashi-Gyoen dan area lainnya. yang dibuka untuk umum sebagai bagian dari tur.

Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima

Tempat ini merupakan saksi kengerian pemboman atom di Hiroshima pada Agustus 1945 untuk mengenang banyaknya korban serangan nuklir pertama di dunia. Dikunjungi oleh lebih dari satu juta orang setiap tahun.

Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima (Hiroshima Heiwa Kinen Kōen) terletak di episentrum ledakan atom di tempat yang dulunya merupakan bagian kota yang ramai yang berkaitan dengan peristiwa hari yang sangat menentukan kemenangan sekutu saat itu.

Selain taman dan pekarangan dengan bunga sakura yang berwarna-warni, daya tarik utama taman ini adalah Peace Memorial Museum dengan banyak pamerannya yang berhubungan dengan masalah perdamaian dunia, dan Memorial Cenotaph dan Flame of Peace, serta Kubah Bom Atom.

Kuil Pulau Itsukushima

Hanya dengan naik kapal feri singkat dari daratan Hiroshima, Anda bisa mengunjungi pulau Miyajima, yang terkenal di seluruh dunia sebagai Pulau Kuil Jepang. Meliputi area seluas 30 kilometer persegi di Teluk Hiroshima, Miyajima dikenal sebagai rumah Kuil Itsukushima, kuil Shinto yang didedikasikan untuk putri-putri puteri dewa angin Susanoo.

Berasal dari abad ke delapan, tempat ini adalah tempat yang menarik untuk dijelajahi. Komponen penting lainnya adalah panggung kuil tempat pengunjung dihibur dengan tarian tradisional dan pertunjukan musik. Dan juga yang perlu Anda jelajahi adalah taman yang indah di pulau ini yang juga merupakan rumah bagi rusa liar dan banyak koloni burung.

Kuil Nara

Selama berabad-abad sebagai pusat budaya Jepang, kota Nara adalah rumah bagi sejumlah besar bangunan bersejarah, bersama dengan harta nasional yang tidak terjamah. Selain sejarahnya, kota ini memiliki banyak kuil tua termasuk Kuil Kofuku-ji dari abad ketujuh yang megah, yang juga merupakan kuil paling terkenal dari Tujuh Kuil Besar Nara.

Yang juga menarik di Todai-ji adalah Gerbang Selatan Besarnya (Nandaimon) , sebuah bangunan berlantai dua bertiang 18 kolom dengan dua patung Nio berdiri setinggi delapan meter dan menjaga pintu masuk kuil, serta Aula Buddha Besar, yang merupakan bangunan kayu terbesar di dunia.

Kastil Osaka

Dibangun pada tahun 1586 oleh prajurit dan politisi Jepang yang terkenal Toyotomi Hideyoshi, Kastil Osaka (Ōsaka-jō) pada waktu itu adalah benteng terbesar dan paling penting di negara ini. Meskipun dihancurkan dan dibangun kembali beberapa kali sejak itu, struktur saat ini, dibangun pada tahun 1931, tetap mirip dengan aslinya.

Dengan menara utama berlantai lima setinggi 42 meter yang dibangun di atas pijakan batu setinggi 14 meter dan rumah bagi sejumlah pameran yang merinci sejarah kastil dan kota. Pastikan untuk mengunjungi lantai atas untuk pemandangan Osaka yang luar biasa, pemandangan yang sangat menarik saat matahari terbenam.

Tempat ini terkenal sebagai kuil Budha pertama di Jepang, kuil yang indah ini memiliki pagoda lima lantai. bersama dengan sejumlah bangunan berdekorasi indah lainnya termasuk Paviliun Emas (Kondo) dengan patung-patung dan lukisan-lukisannya yang bagus, Ruang belajar (Kōdō), dan koridor tertutup yang indah yang menghubungkan tiga gerbang situs.

Taman Nasional Chūbu-Sangaku

Jepang menawarkan sejumlah area keindahan alam yang luar biasa, banyak di antaranya ditetapkan sebagai taman nasional atau, dalam beberapa kasus, Situs Warisan Dunia UNESCO. Salah satu taman paling spektakuler di negara ini adalah Taman Nasional Chūbu-Sangaku di pusat Honshu, yang menggabungkan wilayah utara dan tengahnya yang secara kolektif disebut sebagai Pegunungan Hida, atau Pegunungan Alpen Jepang.

Wilayah ini berisi beberapa puncak tertinggi di negara ini, termasuk Hotaka yang memiliki ketinggian 3.190 meter, dan Yari yang memiliki ketinggian 3.180 meter. Pegunungan ini mirip dalam banyak hal dengan Pegunungan Alpen yang berada di Eropa Tengah. Baik dalam karakter lanskap dan banyaknya salju di musim dingin. Pegunungan Alpen Jepang menarik banyak pejalan kaki dan pendaki di musim panas dan pemain ski di musim dingin.

Yang menarik adalah kelimpahan flora dan fauna di taman, termasuk kijang gunung yang ditemukan di ketinggian yang lebih tinggi. Banyaknya sumber air panas taman ini juga menarik pengunjung yang mengarah pada pengembangan berbagai spa, yang paling terkenal adalah Kamikōchi.

Kuil Atsuta, Nagoya

Kuil Atsuta, di jantung kota Nagoya, adalah kuil Shinto paling penting di Jepang, dan menarik lebih dari lima juta pengunjung setiap tahun. Didirikan pada abad pertama, situs religi ini terkenal dengan lambang Imperialnya yang terpelihara, “pedang memotong rumput” (kusanagi-no-tsurugi).

Yang juga menarik adalah kuil utamanya, Hongu, dikelilingi oleh dinding tertutup, dan perbendaharaan  berbagai karya seni, termasuk lukisan tua dan modern, keramik, perhiasan, dan topeng tradisional. Saat berada di Nagoya, pastikan Anda juga mengunjungi Kastil Nagoya, sebuah kompleks parit indah yang dibangun pada tahun 1612 dengan menara utama setinggi 48 meter yang terkenal dengan dua lumba-lumba emas (shachi).

Kastil Fukuoka

Kastil Fukuoka (Fukuoka-jō) adalah salah satu yang menarik dari kunjungan ke Fukuoka. Dulunya merupakan bagian dari kompleks besar yang meliputi area seluas sekitar 47.000 meter persegi, kastil yang indah ini masih kokoh dengan ukuran dan posisinya di atas fondasi tinggi yang menghadap ke Sungai Naka.

Fukuoka juga terkenal dengan banyak acara dan festival, khususnya Hakata Gion Yamakasa, perayaan yang diadakan setiap bulan Juli yang menarik jutaan pengunjung dari seluruh negeri ke parade yang penuh warna dengan pakaian tradisionalnya. Kota ini juga memiliki Canal City Hakata, sebuah kota didalam kota yang lengkap dengan kanal yang mengalir melalui kompleks pertokoan besar, hotel, restoran, dan teater.

Tour di Fukuoka:

Baca juga:

Tour Jepang dan Rekomendasi Hotel di Jepang

Tempat Wisata untuk Travel dengan Anak