Tempat Wisata di China Terbaik

Sejak dunia mengenal Cina melalui tulisan-tulisan pelaut Marco Polo lebih dari 700 tahun yang lalu, dunia telah menganggap negara besar di Asia ini sebagai perwujudan dari semua hal unik dan eksotis. Bahkan sekarang, setelah puluhan tahun pertumbuhan ekonomi, negara yang luas ini tidak kehilangan daya tariknya. Adat kuno Tiongkok dan budaya modern meningkatkan daya tarik kita dengan budaya yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu ini.

Ada banyak situs penting seperti  Kota Terlarang dan Istana Musim Panas di ibukota Beijing , masing-masing mengenang masa kaisar Tiongkok. Dan kemudian, tentu saja, ada Tembok Besar yang terkenal, yang berkelok-kelok sejauh 6.700 kilometer. kuil-kuilnya yang tak terhitung jumlahnya memancarkan semangat agama-agama Timur kuno.

Cina sebagai tujuan wisata menawarkan ruang eksplorasi tanpa batas. Apakah Anda memilih untuk melakukan perjalanan dengan kapal pesiar mewah melalui ngarai Yangtze yang indah, mengunjungi kota yang ramai, atau mencari ketenangan sebuah kuil kuno, negara ini penuh dengan pengalaman yang luar biasa. Temukan hal-hal menarik  dengan daftar tempat-tempat wisata terbaik di Cina berikut ini.

  1. Tembok Besar Tiongkok

Tembok Besar Tiongkok yang megah (dikenal dalam bahasa Cina sebagai “Changcheng,” atau “Tembok Panjang”) membentang lebih dari 6.000 kilometer dari benteng Shanhaiguan di timur sampai ke Jiayuguan di barat, melewati Hebei, Tientsin, Beijing.

Ketinggian rata-rata tembok ini berkisar enam hingga delapan meter dan cukup lebar untuk dilewati lima kuda atau 10 orang. Tembok itu memiliki banyak benteng dan menara pengawas, beberapa di antaranya berasal dari abad ke-7 SM.

  1. Kota Terlarang dan Istana Kekaisaran Beijing

Bangunan terbesar dan terpenting di China adalah Kota Terlarang. Juga dikenal sebagai Istana Kekaisaran, terletak di jantung kota Beijing dan harus dikunjungi ketika Anda berlibur di negara ini. Dimulai pada Dinasti Yuan antara 1271-1368, banyak dari kompleks yang terlihat hari ini dibangun antara 1406 dan 1420 sebagai kediaman 24 Kaisar Ming dan Qing.

Meliputi sekitar 720.000 meter persegi dan dilindungi oleh tembok setinggi 10 meter dengan menara pengawal dan parit lebar, kompleks besar ini terdiri dari area yang disisihkan untuk keperluan upacara dan administrasi, serta tempat tinggal pribadi yang digunakan oleh kaisar. Pemandangan utama di tempat ini yaitu Jembatan Sungai Emas; Hall of Supreme Harmony, sebuah bangunan setinggi 35 meter yang menampung takhta kekaisaran; aula perjamuan kaisar yang sangat indah, dan Museum Istana dengan koleksi besar seni dan artefak dari dinasti Ming dan Qing. Tempat wisata penting lainnya di sekitar Istana Kekaisaran termasuk Lapangan Tiananmen yang terkenal, dan Kuil Surga yang juga merupakan salah satu situs keagamaan paling penting di negara itu yang berasal dari abad ke-15.

  1. Tentara Terracotta

Saat menggali sumur di pinggiran Xi’an pada 1970-an, para petani menemukan apa yang menjadi temuan arkeologis paling penting di Tiongkok “Tentara Terracotta”. Terdapat lebih dari tiga lubang bawah tanah yang dibangun untuk menjaga makam Kaisar Pertama dan lebih dari 8.000 prajurit, 520 kuda, dan lebih dari 100 kereta, bersama dengan banyak karakter non-militer lainnya yang berasal dari sekitar tahun 280 SM.

Meskipun beberapa rusak parah karena berlalunya waktu, banyak patung yang digali dengan susah payah dipasang kembali dan berdiri sebagai bukti akan pentingnya kehidupan setelah kematian. Situs-situs di Taman Mausoleum Kaisar Qin Shi Huang  adalah salah satu tujuan wisata paling penting di Tiongkok yang menawarkan pengalaman tak terlupakan berdiri di depan kumpulan tentara dan kuda ini seolah-olah sedang melihat parade yang telah berusia berabad-abad.

  1. Istana Musim Panas

Perjalanan 15 kilometer dari Beijing Anda dapat mengunjungi  Imperial Summer Palace yang mewah terletak di tengah lebih dari 700 hektar taman yang indah dan merupakan salah satu objek wisata paling banyak dikunjungi di Tiongkok. Sementara istana itu sendiri dibangun pada 1153, danau besarnya ditambahkan pada abad ke-14 untuk meningkatkan Taman Kekaisaran .

Anda bisa melihati Aula Kesejahteraan yang megah dan Panjang Umur (Renshou Dian) dengan singgasananya, dan Teater Besar yang indah, struktur tiga lantai pribadi yang dibangun pada tahun 1891 untuk memuaskan kecintaan akan pertunjukan opera dan pertunjukan Cina tradisional.

Tempat yang dapat mencuri perhatian lainnya termasuk Hall of Happiness dan Longevity (Le Shou Tang Hall), dengan taman yang indah, serta bermil-mil jalur indah dan jalan setapak. Jika waktu memungkinkan, cobalah untuk juga mengunjungi reruntuhan Istana Musim Panas Lama , yang konon pernah menjadi salah satu istana paling rumit dan menarik di negara itu, tetapi sayangnya dihancurkan oleh pasukan kolonial pada pertengahan 1800-an.

  1. Menjelajah Sungai Li

Kota Guilin, di sudut timur laut Guangxi, menawarkan beberapa desa paling indah di Tiongkok dan terkenal dengan Sungai Li, yang berkelok-kelok melewati kota dan pegunungan karst di sekitarnya. Selama ratusan tahun pemandangan unik ini telah menarik perhatian penyair dan seniman dan telah menjadi subyek dongeng dan legenda yang tak terhitung jumlahnya. Akhir-akhir ini Sungai Li sangat populer di kalangan wisatawan dari seluruh dunia yang ingin melihat keindahan alam ini dari dekat.

Cara terbaik untuk menikmati daerah ini adalah dengan berlayar di sepanjang Sungai Li. Bentangan yang paling populer adalah dari Guilin ke Yangshuo, di mana sungai berkelok-kelok dengan damai melewati sekitar 80 kilometer formasi batuan yang luar biasa dan gua-gua dengan nama-nama romantis seperti Gunung Keindahan Unik , Bukit Belalai Gajah, dan Gua Reed Flute. Perjalanan ini bisa memakan waktu mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari.

  1. Pangkalan Penelitian Chengdu untuk Pembibitan Panda Raksasa

Tidak ada kunjungan ke China akan lengkap tanpa setidaknya melihat satu keluarga panda. Sementara kebun binatang terbaik di negeri ini membanggakan banyak spesimen bagus dari makhluk-makhluk yang menarik ini, tempat terbaik untuk melihatnya dalam jarak dekat dengan habitat alami mereka adalah di Pangkalan Penelitian Pembibitan Panda Raksasa di Chengdu, yang terletak di provinsi Sichuan. Di sini, Anda akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan sebanyak 80 panda melakukan rutinitas harian mereka, mulai dari mencari makan hingga bermain di lingkungan besar seperti taman.

Selain melihat hewan-hewan indah ini dari dekat, Anda akan belajar banyak tentang mereka dari banyak pameran dan pajangan yang merinci upaya konservasi yang sedang berlangsung untuk melindungi masa depan mereka. Tur bahasa Inggris tersedia, Jika memungkinkan, cobalah untuk mengatur waktu kunjungan Anda untuk sesi makan pagi ketika panda paling aktif. Dan lebih baik lagi, daftarkan diri Anda untuk salah satu program sukarelawan pengalaman unik yang akan melibatkan Anda dalam memberi makan dan merawat makhluk-makhluk yang suka dimomong ini, dan bahkan mungkin memegang bayi panda.

  1. Sungai Yangtze dan Tiga Ngarai

Dikenal di Cina sebagai Chang Jiang (Sungai Panjang), Sungai Yangtze melintang lebih dari 6.000 kilometer, menjadikannya sungai terpanjang dan terpenting di Cina dan terpanjang ketiga di dunia setelah Amazon dan Nil. Mengalir dari Tibet di barat ke Shanghai di timur melalui delapan provinsi, Yangtze telah menjadi rute transportasi utama Tiongkok selama lebih dari 2.000 tahun.

Sjauh ini yang paling populer bagi wisatawan adalah Tiga Ngarai yang indah – Qutang, Wu, dan Xiling, berjarak 200 kilometer antara kota Fengjie dan Yichang.Banyak pilihan transportasi tersedia, dari kapal pesiar mewah hingga wisata petualangan yang menantang di sepanjang bagian sungai.

  1. Taman Klasik Suzhou

Dianggap sebagai salah satu taman bersejarah paling penting di dunia sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman Klasik Suzhou terletak di kota bersejarah Suzhou di provinsi Jiangsu, taman-taman megah ini didirikan pada abad ke-11, pada saat kota itu mengalami pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan berada di antara 270 lebih kebun yang ditanam di sini. Dari taman-taman yang dipulihkan yang masih hidup, yang paling terkenal adalah Taman Lingering yang menyenangkan, sebuah situs seluas tujuh hektar yang ditata pada tahun 1800 di situs taman yang awalnya dibuat pada masa Dinasti Ming.

Salah satu kompleks taman paling terkenal di Cina, taman ini menawarkan kolam, beberapa bangunan menarik, bukit buatan manusia, rerimbunan pohon persik, dan jalur tertutup yang indah di dinding yang menggantung lebih dari tiga ratus batu yang diukir, dengan karakter Cina kuno. Yang juga patut dikunjungi adalah Taman Paviliun Cang Lang Ting , taman seluas dua hektar yang menawarkan banyak fitur unik.

Leave a Comment