Tempat Wisata di Johor Bahru Malaysia

Johor Bahru adalah salah satu kota di Malaysia yang terletak tepat di seberang perbatasan dengan Singapura. Seperti halnya di banyak kota perbatasan, kota ini memiliki reputasi yang agak kumuh selama bertahun-tahun sebelum dibenahi  dan mengembangkan sejumlah fasilitas pariwisata baru yang telah membantu popularitasnya melambung.

Jika Anda berada di Singapura dan mencari perjalanan sehari yang cepat maka Johor Bahru adalah pilihan yang tepat, dan Anda akan menemukan sejumlah mal, bar, dan restoran modern di sini. Jika Anda ingin menikmati beberapa sejarah daerah ini, maka kota ini memiliki beragam situs bersejarah dan budaya, banyak di antaranya berasal dari zaman kolonial Inggris.

Setiap penggemar sejarah juga akan menikmati sejumlah museum yang menarik di Johor Bahru atau Anda dapat menghabiskan waktu makan malam di sekitar kota. Seperti sebagian besar Malaysia, Johor Bahru memiliki wisata kuliner lokal yang lezat.

  1. Berjalan di sepanjang Jalan Tan Hiok Nee

Jalan Tan Hoik Nee dinamai dari salah satu bapak pendiri Johor Bahru dan juga dikenal sebagai salah satu lokasi tertua di kota.Di sinilah Anda akan menemukan sejumlah kafe dan restoran yang lezat dan ada juga toko-toko antik yang tersebar di sepanjang Jalan Tan Hiok Nee. Arsitekturnya yang spektakuler akan membuat Anda dapat menemukan rumah gaya tradisional Tiongkok serta sejumlah bangunan kolonial.

  1. Kebun Binatang Johor

Kebun Binatang Johor adalah salah satu kebun binatang pertama yang dibangun di Asia Tenggara dan berasal dari tahun 1928. Ada lebih dari seratus spesies hewan di sini dan Anda dapat menemukan gorila, gajah, singa, dan flamingo. Ada juga burung dan rumah reptil di kebun binatang dan sejumlah restoran tersebar di sekitar jika Anda suka makan.

Jika Anda bepergian dengan anak-anak maka ini adalah pilihan yang sangat baik dan ada juga kesempatan untuk berinteraksi dengan beberapa hewan selama waktu makan.

  1. Kuil Cina Tua Johor Bahru

Kuil Cina Kuno Johor Bahru adalah kuil tradisional yang berasal dari abad ke-19 dan dibangun untuk menghormati lima dewa yang dihormati oleh masyarakat Tiongkok. Ini adalah salah satu bangunan keagamaan tertua dari jenisnya di kota dan langsung dikenali berkat skema warna merah dan putihnya yang cerah.

 

Selain kuil, Anda juga akan menemukan beberapa pameran yang menceritakan kisah bagaimana komunitas Cina pertama kali datang ke Johor Bahru. Tentu saja tidak ada perjalanan ke kota yang lengkap tanpa mengunjungi situs terkenal ini.

  1. Istana kerajaan

Istana Kerajaan sudah lama menjadi rumah Sultan Johor di masa lalu. Bangunan yang mengesankan ini dibangun pada tahun 1866 pada masa Sultan Abu Bakar dan merupakan perpaduan yang menakjubkan antara arsitektur Melayu dan Barat.

Pastikan untuk melihat keluar untuk kubah besar yang bertengger di atas struktur serta atap biru khas. Tempat menarik lainnya di sini termasuk Museum Royal Abu Bakar yang memiliki koleksi barang antik dan pusaka yang akan menjadi milik Keluarga Kerajaan.

  1. Legoland Malaysia

Siapa pun yang bepergian dengan anak-anak harus memastikan untuk tidak melewatkan Legoland Malaysia yang memiliki 40 wahana berbeda yang akan disukai pengunjung remaja. Taman ini dibuka pada 2012 dan ada taman air yang bersebelahan di sini di mana Anda dapat menyejukkan diri dengan berbagai wahana dan kolam terkait air.

Beberapa yang menarik di taman termasuk mobil bumper dan pesawat serta labirin pencarian laser. Ini adalah salah satu taman hiburan paling populer di Johor Bahru, sehingga maklum jika selalu ramai setiap kali Anda berkunjung.

  1. Galeri Warisan Kwong Siew Johor Bahru

Galeri Warisan Kwong Siew Johor Bahru adalah sebuah museum yang terletak di dua rumah toko tradisional yang berasal dari tahun 1907. Bangunan-bangunan tersebut akan digunakan sebagai markas besar Asosiasi Klan Kwong Siew yang dibuat oleh Wong Ah Fook, seorang pengusaha kelahiran Tiongkok. yang bekerja erat dengan Kesultanan Johor.

Museum ini menceritakan kisah para anggota klan ini dan Anda akan menemukan foto-foto kuno serta senjata, kostum tradisional, dan bahkan keanehan seperti pipa opium antik. Pastikan untuk memeriksa koleksi koin lama serta peralatan peramal dan cangkir tradisional, piring, dan mangkuk.

  1. Taman Bertema Angry Birds

Angry Birds Theme Park adalah taman bertema yang didedikasikan untuk semua yang terkait dengan Angry Birds. Tempat ini adalah salah satu destinasi paling populer di Johor Bahru dan taman ini membentang hingga 26.000 kaki persegi yang luar biasa indahnya. Selain wahana dan arena hiburan ada juga pertunjukan dan pertunjukan harian dengan karakter Angry Birds yang merupakan salah satu daya tarik utama taman. Tempat ini buka sampai larut malam sehingga Anda dapat tinggal di sini dan benar-benar merasa bahwa Anda mendapatkan hasil sepadan dengan nilai uang yang Anda keluarkan.

  1. Masjid Negara Sultan Abu Bakar

Masjid Negara Sultan Abu Bakar dibangun selama sekitar delapan tahun mulai tahun 1892 dan merupakan perpaduan arsitektur kolonial Inggris dan motif tradisional Islam. Salah satu fitur khas masjid adalah empat menara yang terletak di atas dan dimaksudkan untuk terlihat seperti menara jam tradisional Inggris.

Sebagian besar interiornya dilapisi marmer putih dan Anda akan menemukan perpaduan yang cantik antara fitur-fitur desain Victoria kuno yang dipadukan dengan motif Moor. Masjid ini dapat menampung sekitar 2.000 jemaah sekaligus dan jika Anda menyukai arsitektur agama maka ini jangan sampai terlewatkan.

  1. Arulmigu Sri Rajakaliamman Glass Temple

Arulmigu Sri Rajakaliamman Glass Temple adalah salah satu bangunan terpenting bagi komunitas Hindu di Johor Bahru dan merupakan bangunan Hindu pertama di dunia yang terbuat dari kaca.

Baik interior dan eksteriornya dihiasi dengan kaca yang membuatnya berkilauan di bawah sinar matahari, dan Anda akan melihat patung-patung Kristus dan Buddha di dalamnya meskipun ini adalah bangunan tradisional Hindu. Jika Anda menyukai struktur yang tidak biasa maka pastikan untuk tidak melewatkan perjalanan unik ini.

  1. Toko Roti Salahuddin

Toko Roti Salahuddin pertama kali dibuka pada tahun 1937 dan telah beroperasi sejak itu. Di sini Anda akan menemukan pilihan sajian yang lezat, tetapi salah satu alasan utama mengapa orang-orang telah berbondong-bondong di sini selama bertahun-tahun adalah untuk puff kari yang merupakan camilan tradisional Melayu dari daging kari atau sayuran yang diisi di dalam kue kering.

Toko roti tidak banyak berubah sejak zaman dahulu dan bagian dalamnya masih sama seperti pada tahun 1930-an.

Leave a Comment