Tempat Wisata di Kuala Lumpur Terbaik

Mencari ide tempat wisata di Kuala Lumpur?

Ibu kota dan kota terbesar di Malaysia ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada pengunjung. Sebagai kota metropolis kosmopolitan dengan pengaruh keagamaan yang signifikan, Kuala Lumpur dipenuhi dengan pusat belanja kelas atas dan banyak hal menarik untuk dilihat dan dijelajahi.

Menara Kembar Petronas yang terkenal bukan satu-satunya keajaiban dunia di sini, meskipun jelas merupakan daya tarik kota yang paling banyak dikunjungi. Keragaman budaya Kuala Lumpur berarti ada juga banyak festival untuk dinikmati di sini, termasuk perayaan Thaipusam, yang mencakup prosesi yang berjalan sampai ke Gua Batu, tujuan wisata terkenal lainnya.

Untuk lebih banyak ide tentang bagaimana menghabiskan waktu saat berkunjung, lihat daftar tempat wisata di Kuala Lumpur terbaik: 

  1. Menara Kembar Petronas

city buildings during night time

Bangunan paling terkenal di Kuala Lumpur adalah menara kembarnya, dibangun dari beton bertulang, baja, dan kaca. Dengan tinggi 88 lantai, menara-menara ini bukan hanya struktur Kuala Lumpur yang paling terlihat, tetapi juga campuran indah gaya postmodern dan detail seni Islam.

Menara dihubungkan oleh jembatan langit di lantai 41 dan 42. Walaupun jembatan langit adalah objek wisata utama, alasan utama keberadaannya bukanlah pemandangan namun untuk memberikan dukungan struktural kepada menara saat mereka bergoyang saat angin kencang, serta rute darurat jika salah satu menara mengalami keadaan darurat dan perlu dievakuasi.

Meskipun sebagian besar lantai di menara disewa secara pribadi (oleh perusahaan seperti IBM, Boeing, dan Microsoft), lantai bawah menampung Suria KLCC, pusat perbelanjaan kelas atas dengan lebih dari 300 toko, serta galeri seni, ilmu pengetahuan pusat, Philharmonic Hall, dan lainnya. Menara sangat gemerlap di malam hari, ketika bersinar terang dengan lanskap perkotaan yang selalu berubah.

Taman KLCC

Tempat Wisata di Kuala Lumpur: KLCC

Taman KLCC, yang terletak di kaki Menara Kembar Petronas, adalah taman kota terbesar di Kuala Lumpur, tempat seluas 50 hektar untuk menyatu dengan lingkungannya dengan menggabungkan struktur buatan manusia, seperti pahatan dan air mancur, dengan lebih dari 2.000 spesies pohon palem dan flora asli.

Pohon-pohon di sini dipilih melalui sistem yang kompleks untuk memastikan mereka menarik burung lokal dan migrasi, keanekaragaman hayati, dan menyediakan berbagai macam warna dan bentuk yang menakjubkan untuk desain taman.

Daya tarik utama KLCC adalah Danau Symphony , sebuah danau besar dengan jembatan 43 meter memotong di atasnya dan sejumlah air mancur, termasuk yang dapat menembakkan air 180 meter ke atas dan menawarkan pertunjukan cahaya dan musik dua kali sehari. Air mancur ini sangat mengesankan di malam hari, ketika Anda benar-benar dapat melihat perubahan warna dengan latar belakang Menara Petronas.

Taman ini juga menawarkan jalur joging sepanjang 1,3 kilometer, kolam rendam, taman bermain anak-anak seluas dua hektar , dan banyak spot berfoto di antara jalur lanskap yang merambah taman.

Taman Burung Kuala Lumpur

Sebuah kandang burung tropis yang spektakuler seluas 20,9 hektar, Taman Burung Kuala Lumpur tidak hanya salah satu taman burung tertutup terbesar di dunia, tetapi juga merupakan pusat penelitian penting bagi para ilmuwan yang mempelajari pola perilaku spesies tertentu yang sulit diamati di alam liar. Sebagian besar dari 2.000 burung di sini adalah spesies lokal, meskipun sekitar 10 persen diimpor dari tempat yang jauh seperti Tanzania dan Eropa.

Taman ini dibagi menjadi empat zona, dengan Zona 4 menjadi salah satu yang paling populer karena kandang burung nuri yang berjalan, pameran burung yang tidak dapat terbang (yang termasuk Kasuari yang mematikan), sebuah stasiun pemakanan yang memungkinkan pengunjung untuk melakukan kontak langsung dengan beberapa burung, dan air terjun setinggi 30 kaki .

Taman ini juga menampung amfiteater untuk 350 orang yang menawarkan pertunjukan burung dan area pendidikan dengan presentasi untuk mengajar tamu tentang burung, spesies yang terancam punah, dan banyak lagi.

Petaling Street

Tempat Wisata di Kuala Lumpur: Jalan Petaling

Chinatown satu-jalan Kuala Lumpur dimulai di belakang lengkungan besar yang mengumumkan namanya dan meluas sampai ke Kuil Chan See Shu Yuen, salah satu kuil Budha tertua di Malaysia . Seluruh jalan ditutupi oleh atap hijau, yang dikenal oleh penduduk setempat sebagai “Naga Hijau” —sebuah perisai sempurna dari hujan musim panas yang lebat dan matahari yang panas selama jam-jam pertengahan sore.

Petaling Street juga merupakan tujuan populer untuk makanan jalanan , dan baik penduduk lokal maupun wisatawan datang ke sini untuk mengambil rempah-rempah, bahan-bahan, dan spesialisasi seperti bebek panggang asin atau Hokkien mee, hidangan Asia Tenggara yang terdiri dari mie, telur goreng, dan campuran daging.

Bagi mereka yang perutnya tidak terlalu berani, ada banyak yang bisa dibeli di sini mulai dari kios jalanan yang menjual mainan dan merek imitasi hingga toko buku Cina, suvenir, dan banyak lagi.

Lapangan Merdeka

Lapangan terbuka yang luas ini sekarang menjadi tempat populer untuk acara publik, dan Parade Hari Nasional. Tiang bendera setinggi 100 meter untuk memperingati pengibaran bendera Melayu pertama di sini pada tahun 1957.

Bangunan kolonial bersejarah paling terkenal di kota ini berbaris di jalan-jalan di sekitar alun-alun dan banyak yang terbuka untuk pengunjung atau dijadikan latar belakang foto yang indah. Gedung Sultan Abdul Samad , yang sangat dipengaruhi oleh gaya Moor, menjadi rumah bagi Kementerian Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia, sementara Galeri Kota Kuala Lumpur yang terdekat menceritakan kisah kota melalui model miniatur dan pameran inovatif.

Anda juga akan menemukan air mancur era Victoria di sini, di mana orang sering berkumpul untuk bersantai, serta Gereja St. Mary, salah satu gereja tertua di Malaysia. Museum Tekstil Nasional , rumah bagi pajangan kostum tradisional dan batik, hanya berjarak beberapa langkah.

Taman Bertema Sunway Lagoon

Terletak 45 menit berkendara di luar Kuala Lumpur, taman hiburan multi-tema ini menawarkan hampir 100 wahana dan atraksi berbeda yang tersebar di 88 hektar.

Terdapat banyak fasilitas seperti Taman Margasatwa, rumah hantu yang besar; Extreme Park (tempat Anda akan menemukan wahana ATV, bungee jumping, dan paintball) dan daerah yang dikenal sebagai Lost Lagoon Nickelodeon, yang dirancang khusus untuk pengunjung yang lebih muda.

Taman ini dapat dengan mudah diakses melalui transportasi umum, dan menawarkan sejumlah festival sepanjang tahun, termasuk Nights of Fright yang sangat populer sepanjang bulan Oktober.

Menara Kuala Lumpur

Tempat wisata di Kuala Lumpur: Menara Kuala Lumpur

Salah satu menara berdiri bebas tertinggi di dunia dan tertinggi di Asia Tenggara, Menara KL mencapai 421 meter dan digunakan sebagai TV dan menara komunikasi, sebuah observatorium Islami, dan sudut pandang atas kota.

Pengunjung dapat berjalan ke restoran berputar atau platform observasi udara terbuka, yang terletak 300 meter di atas tanah dan dapat dicapai dengan lift dalam waktu kurang dari satu menit.

Ada beberapa objek wisata di dalam menara, termasuk sebuah museum Funhouse,  toko suvenir yang menawarkan kerajinan tangan berkualitas tinggi, dan Sky Box, kotak kaca yang memanjang keluar dari Sky Deck dan menawarkan pemandangan kota tanpa terhalang ke segala arah termasuk di bawah kaki Anda.

Tempat wisata di Kuala Lumpur mana yang anda pilih? 

Baca juga: Tour Malaysia

Tempat Wisata di Malaysia

Leave a Comment