Bingung menyusun itinerary Jepang atau mencari Tour Jepang?

Jepang merupakan salah satu negara adidaya di Asia Timur. Hampir semua bidang telah berkembang pesat di negara ini, termasuk teknologi dan pariwisata. Ya, meskipun teknologi sudah semakin berkembang, tetapi budaya negara ini memang amat unik dan kuat. Tidak heran jika banyak turis mancanegara termasuk Indoesia yang ingin jalan-jalan ke Jepang.

Tour Jepang / Rekomendasi Itinerary Jepang untuk Solo Traveller

Saat jalan-jalan atau berliburan sendiri di Jepang, ada baiknya Anda mengunjungi tempat yang memberikan Anda banyak wawasan bersejarah. Kota yang direkomendasikan untuk solo traveller selama di Jepang adalah kota Kamakura.

Di kota Kamakura Anda bisa mengunjungi patung Budha yang populer di sana bernama Kotoku-in. Selain mengunjungi kuil suci ini, Anda juga bisa mengunjungi kuil Hasedera yang bangunannya masih orisinil serta menikmati panorama alam khas Jepang di Hokokuji.

Setelah berkeliling di kota ini dan menemukan banyak destinasi wisata bertema religi Buddha, jangan lupa untuk berkulineran. Anda bisa mencicipi restoran ala Mediterranean Restaurant La Maree atau mampir ke rumah makan khas Italian-Japanese Room Lax Cafe. Adapun nama-nama restoran dan kafe lain di kota ino yang direkomendasikan diantaranya Enoshima Koya, Gohandokoro Yayoiken, Gozan Bekkan, dan Aji Tei. 

Dari tempat wisata ke rumah makan atau kafe, Anda bisa menjangkaunya dengan bus umum. Anda yang lebih menginginkan perjalanan penuh privasi bisa memilih taxi. Namun biasanya seorang solo traveller akan benar-benar menikmati pengalaman liburannya, apalagi jika itu menyangkut kebiasaan warga disitu. Kemudian Anda mungkin akan mencari akomodasi selama di kota ini.

Anda bisa mendapatkan menginap di kamar yang memiliki interior khas Jepang di Kamakura Guesthouse. Sangat layak untuk solo traveller, harga sewanya hanya sekitar 300 an ribu rupiah saja per malam. Ada juga Plage Yuigahama yang memiliki desain bangunan unik. Sementara itu, nama-nama akomodasi lain yang bisa Anda pilih diantaranya Guesthouse Zen Ji, Villa Sacra, Guesthouse Shibafu, Hotel Yuigahama, dan Shangrila Tsuruoka.

Tour Jepang / Rekomendasi Itinerary Jepang untuk Travel dengan Pasangan

Kyoto adalah kota yang bisa Anda pilih selama di Jepang bersama pasangan. Alasan utama mengapa kota ini sangat cocok untuk Anda dan pasangan tak lain adalah karena banyaknya pilihan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama pasangan. Ada banyak jasa yang menawarkan penyewaan baju kimono, lengkap dengan sesi foto, dan aktivitas yang bisa Anda lakukan dengan kimono.

Selain sewa kimono, Anda juga bisa mengelilingi Higashiyama yang mana dinobatkan sebagai Historical District. Opsi lain untuk menghabiskan waktu bersama di pasangan selama di Kyoto adalah merasakan serunya rafting di Arashiyama Hozukyo. Dari satu destinasi wisata ke wisata lain, Anda dan pasangan bisa menggunakan bus umum Kyoto. Bus umum Kyoto beroperasional dari pukul lima pagi sampai tengah malam.

Soal akomodasi, Anda dan pasangan bisa memilih banyak opsi yang mana bisa Anda sesuaikan dengan budget. Anda bisa memilih hotel mewah di tengah kota, juga bisa memilih BnB di pinggir kota dengan merasakan kearifan lokal di sana. Beberapa hotel yang kamarnya disewakan di bawah 400 ribu rupiah adalah K’s House Kyoto, Santiago Guesthouse, Piece Hostel, dan Amenity Hotel

Sedangkan apabila Anda dan pasangan ingin merasakan liburan mewah selama di kota ini, maka ada beberapa nama hotel atau resort yang bisa Anda catat. Harga sewanya di atas 1 juta rupiah antara lain Tsumugi Toji Minamimon, Park Hyatt, The Ritz-Carlton, Suiran (A Luxury Collection Hotel), Arashiyama Benkei, Kyo No Ondokoro, dan masih banyak lagi. Juga ada beberapa restoran dan kafe yang direkomendasikan, diantaranya Banimatar, Kurasu, Vermillion, dan Cafe du Mon.

Tour Jepang / Rekomendasi Itinerary Jepang untuk Travel dengan Keluarga (termasuk Anak)

Tokyo atau ibukota negara Jepang adalah kota yang pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Ada beberapa destinasi wisata di Tokyo yang bisa dinikmati oleh semua umur. Sehingga tak hanya anak Anda saja yang akan puas ketika mampir, namun juga Anda dan pasangan.

Di Tokyo Anda akan menemukan beberapa wisata sekaligus yang semuanya sama-sama direkomendasikan. Anda dan keluarga beserta anak-anak bisa having fun di Disneyland dan Disneysea, masuk ke Museum Samurai yang populer, hingga tur mengelilingi Tokyo dengan sepeda elektrik. 

Sebenarnya masih ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga dan anak-anak. Anda bisa pergi ke tower One Piece bersama mereka, menyaksikan berseminya bunga sakura di Gunung Fuji, bisa juga bersenang-senang di Tokyo Dome City Attraction Pass.

Kemana saja liburannya, ketahui juga kuliner apa yang bisa Anda nikmati bersama mereka. Untuk kuliner, cobalah merasakan daging kobe yakiniku di Yakiniku Motoyama, menikmati casual dining di Gyukatsu Motomura, mencicipi teppanyaki di Teppan Baby Shinjuku, serta mampir ke Sushiryori Inose.

Ada beberapa transportasi umum yang bisa Anda pilih untuk mengantarkan keluarga dan anak-anak berkeliling kota. Diantaranya ada bis Hop On dan Hop Off berwarna merah khas kota ini, menggunakan transfer bus untuk mengantar dari Bandara Haneda ke Gunung Fuji, atau transportasi lebih privat dengan Taxi.

Rencanakan juga akomodasi mana yang akan Anda pilih untuk menampung keluarga Anda selama liburan di sana. Anda bisa memilih APA Hotel Higashi Shinjuku, atau lihat hotel lainnya di Jepang yang cocok untuk travel dengan bayi / anak

Tour Jepang / Rekomendasi Itinerary Jepang untuk Travel dengan Group atau Teman-teman

Di Nagoya ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan, inilah mengapa kota ini dinilai cocok untuk Anda yang berliburan ke Jepang bersama teman-teman. Salah satu kegiatan seru yang bisa dipilih adalah melakukan perjalanan layaknya ninja dan cosplay ninja Iga Ninja Village.

 Sudah pasti seru, namun ada atraksi lain yang sama serunya. Anda dan teman-teman bisa menghabiskan waktu di Legoland Jepang, melihat banyak hewan laut di Port of Nagoya, dan sekedar jalan-jalan di The Tokugawa City Art Museum, The Atsuta Shrine, atau Nagoya Castle.

Ada beberapa hotel yang bisa Anda pilih bersama teman-teman untuk akomodasinya. Namun tentukan dulu apakah Anda dan teman-teman ingin berliburan berbudget atau semewah mungkin. Untuk liburan mewah bisa dipilih satu dari beberapa nama hotel berikut: Marriott Associa Hotel, Prince Hotel Sky Tower, Hilton Nagoya, Cypress Garden Hotel, atau Kyoya Ryokan.

Namun jika Anda dan teman-teman tetap ingin berliburan di kota Nagoya dengan budget terbatas, maka yang harus dipilih adalah sebagai berikut: Hostel Ann, Trip & Sleep Hostel, First Cabin TKP, atau Hostel Wasabi.

Transportasi yang bisa digunakan adalah bus kota yang beroperasi dari jam lima pagi sampai tengah malam. Setelah lelah berliburan, Anda dan teman-teman bisa mampir ke rumah makan populer di sana seperti Torigekka, Atsuta Horaiken Honten, Himatsubushi, Unafuji, atau di The Kawabun Nagoya.

Jangan lupa untuk mencicipi aneka makanan khas Jepang atau local cuisine seperti di Meruya Honten Meieki, Unagi Shirakawa Joshin, Miya Kishimen Jingu, atau di Sumiyoshi JR yang dekat dengan stasiun. 

Jalan-jalan bersama teman rasanya kurang lengkap kalau belum mampir ke kafe. Tentu saja ada daftar nama kafe yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa memilih Komeda Coffee Esca, Cafe du Ciel, atau Pierre Marcolini.

Cek juga:

Hotel di Tokyo

Hotel di Kyoto

Hotel di Osaka

Tempat Wisata di Jepang